Andai jalan depan rumahku dua jalur

Baru saja kecelakaan kembali terjadi di Simpang Pincuran Mas Peranap. Titik ini merupakan salah satu di antara dua titik hostpot kecelakaan sepanjang Jalan Napal pada wilayah Pincuran Mas. Hotspot lainnya adalah depan GOR Bulutangkis. Dua tempat ini saling bergantian terjadinya kecelakaan, dan itu hampir tiap minggu.

Baru-baru ini di depan GOR juga terjadi kecelakaan yang menyebabkan kaki salah seorang korban patah. Telapak kakinya terlepas. Orang-orang yang menyaksikan tidak sanggup melihat lebih lama.

Tetapi, korban masih beruntung. Dibandingkan kejadian pada 17 Agustus 2009 yang lalu, di mana korban yang merupakan siswi SMA N 1 Peranap yang sedang kejar tayang untuk mengikuti upacara penurunan bendera, tewas di tempat.

Banyaknya kejadian di kedua tempat ini membuat aku berpikir, kenapa?
Untuk simpang empat pincuran mas mungkin mudah dipahami, dengan kondisi-kondisi:
1. Bersimpang empat
2. Lalu lintas ramai karena Jalan Napal adalah jalan poros penghubung Peranap dengan bagian wilayah paling luas dan ramai dari Kecamatan Peranap bagian Timur (Desa Gumanti, Pauhranap, Semelinang Tebing di mana Desa Pauhranap dan Semelinang Tebing adalah desa-desa terluas dan terbanyak penduduknya di Kecamatan Peranap) serta bagian selatan dari Kecamatan Batang Peranap, Kecamatan Rakit Kulim dan Kecamatan Batang Cenaku.

Sementara untuk depan GOR sendiri, analisa saya sebagai berikut:
- Sesudah perbatasan Gumanti/Peranap, secara kebetulan menjelang depan GOR merupakan daerah yang merupakan kurang rumah penduduk. Kondisi ini mungkin menyebabkan pengendara menambah kecepatan kendaraannya. Secara tiba-tiba, di depan GOR kembali memasuki kawasan padat. Perbedaan yang tiba-tiba ini menyebabkan kepanikan si pengendara.

Dari fakta tersebut, agar amannya menurut saya, sebaiknya dari arah Simpang Ombilin hingga beberapa meter melewati GOR dibuat jalur dua arah. Pengendara dari arah Pasar Peranap harus memutar dulu ke kiri sebelum berputar ke arah Gumanti. Dengan demikian, kecelakaan di dua tempat ini dapat diminilasir atau barangkali mungkin dieliminisir.
Share:

1 comment:

Recent Posts

PENCARIAN

Label

Postingan Populer