Sabtu, 21 April 2012

Tambang Batubara Bukit Asam di Peranap

Sabtu, 21 April 2012

Setelah ditunggu sekian lamanya, akhirnya produksi batubara Peranap resmi beroperasional. PT. Bukit Asam (PTBA) resmi menjual dan mengirimkan hasil produksi batu bara ke Peranap ke negara tujuan India . Peresmian dilakukan oleh Komisaris Utama PTBA, mantan Menkunham Patrialis Akbar dan Direktur Utama PTBA Milawarma pada hari Jumat 13 April 2012.

Menurut Milawarma, sumber daya batu bara di kawasan pertambangan Peranap sebesar 792 juta ton dengan cadangan tertambang 367 juta ton. Angka tersebut akan memasok hasil tambang selama 40 tahun.

Kawasan pertambangan batu bara Peranap merupakan perbukitan dengan luas 18.230 hektar. Di mulut tambang, akan dibuka PLTU 2 x 300 MW.

Saat ini, PTBA Peranap di Semelinang Tebing berproduksi 500 ribu ton per tahun. Angka produksi akan digenjot sehingga pada tahun 2016 menjadi 2,5 juta ton per tahun.

Kajian PTBA, batu bara peranap cocok untuk bahan bakar methanol dan SNG setelah melalui gasifikasi. Tingkat kalori batu bara Peranap berada pada standar BA 53 (53.000 kilo kalori per gram) yang dapat ditingkatkan melalui proses coal upgrading.

Contributor blog: Ghobro

Bookmark and Share

Posting terkait:



1 komentar:

Ekiq Wafred mengatakan...

mudah2an dengan masuknya PTBA ke daerah peranap,bisa menaikan taraf hidup masyarakat di daerah peranap.terutama dalam menyediakan lapangan pekerjaan untuk putra daerah itu sendiri,karena masih banyak penggangguran berijazah di kecamatan peranap(saya sendiri).dan kejadian buruk di kotobaru kalimantan selatan tidak terjadi di daerah kami.good luck and succes

Posting Komentar

 
Peranap. Design by Pocket. Content by Serangge