In memoriam Michael Jackson

Dunia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Michael Jackson, penyanyi legendaris, yang dijuluki King of Pop, Jumat, 26 Juni 2009 telah meninggal dunia. Michael Jackson memupuskan harapan 750 ribu penggemarnya yang telah membeli tiket konser Jacko yang direncanakan digelar di O2 Arena, London. Konser yang rencananya akan digelar bulan depan oleh AIG Live bertajuk This it.


Riwayat Hidup


29 Agustus 1958
Michael Joseph Lahir di Gary, Indiana. Orangtua: Joseph dan Karen Jackson. Enam bersaudara: Jackie, Tito, Jermaine, Marlon, Steven, dan Randy. Tiga kakak: Maureen, LaToya dan Janet. Semua anggota keluarganya tinggal di dua kamar tidur di rumah yang kecil, clapboard Jackson St 2300

1963
Pada usia lima tahun, Michael muda menunjukkan bakat sebagai penyanyi hebat. Dia dan keempat saudaranya mulai tampil bersama dalam grup Jackson 5 dan sang ayah sebagai manajer.

1968
Motown Records memboyong Jackson 5 dan keluarganya ke Los Angeles, California. Single pertama mereka "I Want You Back" dirilis pada November 1969.

Oct 1969
Singel pertamanya "I want you back" di rilis.

1970
Jackson 5 kemudian menelurkan album hit termasuk "ABC", "The Love You Save", dan "I'll Be There". Michael yang saat itu berusia 11 tahun mulai muncul sebagai superstar.

1975
Jackson 5 meninggalkan Motown dan beralih ke Epic Records. Mereka mengubah nama grup menjadi Jacksons dan tetap melejit dengan lagu-lagu mereka, termasuk "Enjoy Yourself" dan "Shake Your Body (Down to the Ground)".

1979
Michael Jackson merilis album solo Off the Wall. Diproduksi Quincy Jones, album itu terjual lebih dari 7 juta kopi, termasuk lagu andalan adalah "Don't Stop Til You Get Enough" dan "Rock with You".

1982
Jackson menjadi superstar dengan merilis album solo kedua, Thriller. Dengan lagu andalan dan video klip dalam lagu "Billie Jean" dan "Beat It", menjadikan album ini paling laris sepanjang masa.

1984
Thriller meraih nominasi delapan Grammy Awards dan delapan nominasi itu akhirnya dimenangi.

Februari 1993
Jackson tampil dalam Oprah Winfrey Show dan menjelaskan mengapa dia mengubah kulitnya menjadi putih. Dia juga menceritakan betapa ayahnya sering memukulinya saat masih kecil dan dia menjadi takut terhadap sang ayah.

Agustus 1993
Seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun yang dikenal sebagai teman Jackson menuduhnya melakukan pelecehan seksual berkali-kali selama lima bulan di ranch Jackson di Encino, California. Jackson kemudian digugat di pengadilan.

12 November 1993
Jackson membatalkan konsernya. Disebutkan dia kecanduan obat pembunuh rasa sakit. Dia mengatakan menjadi pecandu obat pembunuh rasa sakit setelah menjalani rehabilitasi pascaoperasi, sebuah prosedur yang dia butuhkan setelah rambutnya terbakar ketika syuting iklan pada 1984.

25 Januari 1994
Jackson membayar sejumlah uang damai untuk menghentikan gugatan. Keluarga bocah itu awalnya meminta 20 juta dollar AS. Jackson memberi antara 10 juta dollar AS dan 20 juta dollar AS.

18 Mei 1994
Jackson menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley.

18 Januari 1996
Jackson dan Presley bercerai setelah dua tahun menikah.

15 November 1996
Jackson menikahi Debbie Rowe, seorang perawat yang dilaporkan mengandung anak Jackson dalam proses inseminasi. Putra Jackson, Prince Michael Jackson Jr, lahir pada 12 Februari 1997. Pasangan ini juga memiliki anak perempuan, Paris Michael Katherine pada 3 April 1998.

8 Oktober 1999
Jackson dan Rowe bercerai dan Jackson mendapat penguasaan penuh mengasuh anak-anak.

November 2002
Jackson dihujat karena mengayunkan anaknya di pinggir balkon lantai kempat rumahnya untuk mempertontonkan anaknya kepada fans.

18 November 2003
Puluhan polisi menggeledah rumah Jackson. Ia kembali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

13 Juni 2005
Juri menyatakan Jackson tidak bersalah.

5 Maret 2009
Jackson mengumumkan akan tampil sekitar 10 menit pada Juli di London's 02 Arena. Dia mengatakan itu adalah konser terakhirnya.

10 Mei 2009
AEG live mengumumkan sejumlah konser di London itu ditunda.

25 Juni 2009
Los Angeles Coroner'Office membenarkan Jackson meninggal dunia karena serangan jantung. Brian Oxman, pengacara keluarga Jackson, mengatakan, Jackson ambruk di rumahnya di Los Angeles, California.

Masuk Islam


Setelah melepas status sebagai pemeluk Saksi Jehovah, Michael Jackson berganti nama menjadi Mikaeel Jackson.

Menurut koran Inggris The Sun, Jacko -nama beken Jackson- mengucapkan dua kalimat syahadat di rumah sahabatnya yang juga komposer album terlaris Thriller, Steve Porcaro, di Los Angeles dan dihadiri seorang penyanyi ternama, Yosef Islam – dulunya bernama Cat Steven sebelum masuk Islam. Dalam momen religius tersebut, Jacko duduk di lantai dengan menggunakan topi kecil berwarna hitam dan dipandu seorang imam. Kabar menghebohkan datang dari si King of Pop Michael Jackson. Penyanyi yang akrab disapa Jacko itu disebut-sebut telah memeluk agama Islam.
Jacko memeluk Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di rumah temannya di Los Angeles, Amerika Serikat. Nama Jacko pun berubah menjadi Mikaeel.
"Mikaeel adalah nama salah satu malaikat dalam Islam," ujar seorang sumber. Jacko sebenarnya sempat ditawari nama Mustafa, namun ditolaknya .

Saat mengucapkan dua kalimat syahadat, Jacko duduk di lantai dengan mengenakan topi kecil. Momen tersebut berlangsung sangat khidmat.

Jacko memutuskan masuk Islam setelah ia mendengarkan pengalaman produser dan penulis albumnya. Kedua orang tersebut meyakinkan pelantun 'Ben' itu, bahwa setelah menjadi muslim hidup mereka lebih baik.

"Seorang imam pun kemudian dipanggil dari sebuah masjid untuk menuntun Micahel membaca dua kalimat syahadat," lanjut si sumber.

Setelah memeluk Islam, Jacko dikabarkan terbang ke Mekkah.
Raja Pop – yang sebelumnya pernah disidangkan karena dituduh melakukan tindakan asusila terhadap anak di bawah umur beberapa kali – kembali disidangkan setelah Sheikh Abdullah Bin Hamad al-Khalifah, anak kedua Raja Bahrain, mengajukan tuntutan terhadap Jackson karena telah mengingkari perjanjian untuk merekam album baru dan meminjam uang sebesar $ 7 juta.

Di kalangan musisi, sejumlah nama juga akhirnya mengucapkan syahadat. Mereka antara lain John Coltrane (pencipta dan saksoponis jazz), Art Blakey (musisi jazz), dan tentu saja Cat Stevens (penyanyi rock Inggris). Setelah memeluk Islam, Cat Stevens pun berganti nama jadi Yusuf Islam.

Di kalangan olahraga, yang paling banyak adalah petinju dan bintang basket. Paling terkenal tentu Muhammad Ali, mantan juara dunia yang dulu bernama Cassius Clay. Setelah itu ada pula Matthew Saad Muhammad, Dwight Muhammad Qawi, Eddie Mustapha Muhammad, Chris Eubank, dan Mike Tyson.

Tyson berganti nama jadi Malik Abdul Aziz setelah masuk Nation of Islam. Dia menjadi muslim saat berada di penjara karena keterlibatan dalam kasus pemerkosaan.
Islam pula yang menyelamatkan Tyson dari sebuah rencana pembunuhan pada tahun 2000. Saat itu, namanya sudah beredar di antara orang yang akan jadi sasaran pembunuhan kelompok Cash Money Brothers.

“Kelompok ini bahkan sudah mengintai Tyson beberapa bulan kemudian dan siap menembak. Tapi, rencana pembunuhannya urung dilaksanakan karena Tyson adalah seorang Muslim,” ujar Shelby Henderson, anggota geng tersebut dalam kesaksiannya di pengadilan federal Brooklyn, Juni lalu.

Diskografi


1. Michael Jackson - We've Had Enough
2. Michael Jackson - We Are The World
3. Michael Jackson - Smooth Criminal
4. Michael Jackson - Heal The World
5. Michael Jackson - We're Almost There
6. Michael Jackson - Skywriter
7. Michael Jackson - Hallelujah Day
8. Michael Jackson - Girl You're So Together
9. Michael Jackson - Aint No Sunshine
10. Michael Jackson - I Want You Back (original Version)
11. Michael Jackson - Farewell My Summer Love
12. Michael Jackson - Never Can Say Goodbye
13. Michael Jackson - Ben
14. Michael Jackson - Happy (love Theme From 'lady Sings The Blues')
15. Michael Jackson - Rockin' Robin
16. Michael Jackson - A.B.C.
17. Michael Jackson - Mama's Pearl
18. Michael Jackson - The Love You Save
19. Michael Jackson - I'll Be There
20. Michael Jackson - Got To Be There
21. Michael Jackson - Lookin' Through The Windows
22. Michael Jackson - One Day In Your Life
23. Michael Jackson - Doctor My Eyes
24. Michael Jackson - I Want You Back (pwl Remix)
25. Michael Jackson - Thriller 25th Anniversary
26. Michael Jackson - The Way You Make Me Feel
27. Michael Jackson - Doctor My Eyes
28. Michael Jackson - I Want You Back (pwl Remix)
29. Michael Jackson - Beat It
30. Michael Jackson - You Rock My World
31. Michael Jackson - Thriller
32. Michael Jackson - Bad
33. Michael Jackson - Black Or White
Share:

1 comment:

Recent Posts

PENCARIAN

Label

Postingan Populer